Kamis, 14 Juli 2016

Makna Kata Hijrah dan Hijriah


Kata hijrah yang digunakan dalam kalimat seperti

Tahun baru Hijrah jatuh pada tanggal 14 Agustus 1988 

dan

Tahun 1408 Hijrah akan kita tinggalkan.

tidaklah tepat.

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia kita tidak menemukan kata hijrah dengan makna 'nama tarikh Islam', tetapi yang kita temukan makna (1) pemutusan pertalian Nabi Muhammad saw. dengan suku bangsa di Mekah (Nabi Muhammad saw. meninggalkan Mekah, berpindah ke Medinah)' dan (2) 'mengungsi dan berpindah'. Di dalam bahasa Arab cara yang digunakan untuk membentuk adjektiva yang bermakna berhubungan, berkaitan, bertalian dengan kata dasarnya, adalah dengan menambahkan akhiran --iy (ya nisbah) dan --iyah pada nomina.

Jika kata dasarnya berupa nomina yang tergolong maskulin (muzakkar), akhiran yang digunakan umumnya akhiran i. Kata Masih, Malik, dan Iraq, jika diberi akhiran yang menyatakan nisbah, masing-masing menjadi Masihi (Masehi) yang berarti (1) 'yang mengikuti Isa Almasih' dan (2) 'perhitungan tanggal yang berdasarkan kelahiran Almasih'; Maliki yang berarti 'pengikut atau mazhab yang didasarkan atas Imam Malik', Iraqi yang berarti 'orang yang berbangsa Irak'.

Kata dasar feminin (muannas) dijadikan adjektiva dengan pengimbuhan akhiran -iah. Kata hijrah, misalnya, menjadi hijriah, yakni nama tarikh Islam yang didasarkan pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw.; fitrah menjadi fitriah 'yang berkaitan dengan fitrah'.

Di samping itu, terdapat pula kata bentukan dengan akhiran -iah, yang dibentuk dari kata dasar maskulin. Misalnya, Muhammad, Islam, khilaf, dan imsak menjadi Muhammadi(y)ah 'yang dinisbahkan kepada Nabi Muhammad saw.; Islamiah 'yang berhubungan dengan agama Islam'; khilafiah 'yang berkaitan dengan khilaf (perbedaan pendapat)'; imsakiah 'yang berkaitan dengan imsak.'

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa penggunaan kata hijrah yang mengacu ke penanggalan yang didasarkan pada berpindahnya Nabi Muhammad saw. dari Mekah ke Madinah tidak tepat. Bentuk yang tepat untuk itu adalah hijriah. Jadi, kalimat contoh di atas seharusnya

Tahun baru Hijriah jatuh pada tanggal 14 Agustus 1988 Masehi 

dan

Tahun 1408 Hijriah akan kita tinggalkan.



Baca juga:
Makna Kata Acuh dan Tayang
Makna Kata Kilah dan Tukas
Nuansa Makna dalam Kata
Kata Ranking dan Langganan

0 komentar:

Posting Komentar